Arti Kata Puasa dalam KBBI

Arti Puasa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Oleh: Samsuddin (Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Al-Qur’an Wahdah Islamiyah)

Secara bahasa puasa merupakan terjemahan dari bahasa Arab, yakni kata saum (  صَوْم)  dan siyam (  صيام)bermakna menahan, menah an diri.

Selanjutnya kata puasa diartikan dengan; ‘’menghindari makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja mulai terbit fajar sampai terbenam matahari”.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tertulis;

puasa/pu·a·sa/ 1 v menghindari makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja (terutama bertalian dengan keagamaan); 2 n Isl salah satu rukun Islam berupa ibadah menahan diri atau berpantang makan, minum, dan segala yang membatalkannya mulai terbit fajar sampai terbenam matahari; saum;

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa kata puasa memiliki tiga (3) arti di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Yakni puasa sebagai kata kerja (verba), puasa sebagai kata benda (nomina), dan kata turunan dari puasa itu sendiri. 

Hal ini disebabkan oleh karena  puasa merupakan  sebuah homonim, karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Puasa memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga puasa dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Puasa juga memiliki arti kata benda (nomina) sehingga kata puasa dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Puasa Sebagai Verba (kata kerja)

Puasa sebagai kata kerja memiliki makna meniadakan makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja (terutama bertalian dengan keagamaan).

Contoh: Hari ini saya tidak makan siang karena sedang puasa

Puasa sebagai Nomina (kata benda)

Sebagai kara benda (nomina) kata puasa bermakna  sebagai salah satu rukun islam berupa ibadah menahan diri atau berpantang makan, minum, dan segala yang membatalkannya mulai terbit fajar sampai terbenam matahari.

Kata Turunan  dan Gabungan kata Puasa

Kata puasa juga dapat diturunkan menjadi beberapa kata seperti; berpuasa, keberpuasaan, Memuasakan

Selain itu puasa juga memiliki gabungan kata, seperti; Puasa fardu, Puasa sunah, Puasa wajib, puasa nazar, puasa qada, dan sebagainya.

Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata puasa adalah meniadakan makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja. Arti lain dari puasa adalah salah satu rukun Islam berupa ibadah menahan diri atau berpantang makan, minum, dan segala yang membatalkannya mulai dari  terbit fajar sampai terbenam matahari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.